TRANSPORTASI ANGKUTAN DARAT SEBAGAI KONTEKS UNTUK MEMBANTU SISWA SD MEMAHAMI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konteks transportasi umum di Indonesia (yaitu angkot) , dapat digunakan untuk membangun penalaran siswa dan memahami konsep dasar penjumlahan dan pengurangan angka untuk siswa SD . Akibatnya , penelitian desain terpilih sebagai metode yang tepat untuk mencapai tujuan penelitian ini . Dalam pendekatan desain penelitian , urutan kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan berdasarkan penyelidikan proses belajar siswa . 28 siswa dan seorang guru di kelas 2 sekolah dasar di Indonesia (yaitu MIN - 2 Palembang) yang terlibat dalam penelitian ini . Eksperimental Hasil menunjukkan bahwa mendapatkan dan turun penumpang di drama angkutan umum , bermain angkot - angkotan , dapat merangsang siswa untuk mendapatkan ide-ide tentang operasi bilangan . Selain itu , strategi dan alat yang digunakan oleh para siswa dalam bermain angkot - angkotan dapat dikembangkan secara bertahap , melalui pemodelan muncul, operasi penambahan dan pengurangan bilangan bulat. Dalam pengalaman belajar berbasis aktivitas untuk nomor penjumlahan dan pengurangan operasi, pemodelan muncul memainkan peran penting dalam penalaran pergeseran dari pengalaman konkret dalam tingkat situasional siswa terhadap konsep-konsep matematika formal .
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v6i1.1094
Article Metrics
Abstract view : 192 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |