KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kms. Muhammad Amin Fauzi

Abstract


Pembelajaran dengan pendekatan metakognitif memfasilitasi dan membekali siswa untuk membangun koneksi matematis siswa diteliti pada artikel ini. Berdasarkan hasil analisis data, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis ketiga kelompok pembelajaran (PPMG, PPMK, dan PB)  dan masing-masing terjadi peningkatannya. 2) Kualitas peningkatan KKM siswa berdasarkan kategori Hake (1999:1), yang mendapat pembelajaran PPMG termasuk dalam kategori sedang (0,3 <g ≤ 0,7) sementara peningkatan KKM siswa yang mendapat pembelajaran PPMKdan pembelajaran PB termasuk dalam kategori rendah  (g ≤ 0,3). 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PPMG, PPMK, dan PB) dengan level sekolah (tinggi, dan sedang) terhadap peningkatan KKM siswa. 4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran (PPMG, PPMK, dan PB) dengan kemampuan awal matematika (KAM baik, KAM cukup dan KAM kurang) terhadap peningkatan KKM siswa. Hal ini juga dapat diartikan bahwa interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan KAM tidak memberikan pengaruh secara bersama-sama yang signifikan terhadap perbedaan peningkatan KKM siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v6i1.1096

Article Metrics

Abstract view : 471 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: