THE DIFFRENCE OF ENHANCEMENT MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY AND SELF-EFFICIENCY SMA WITH MA STUDENTS IPS PROGRAM THROUGH GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ASSISTED AUTOGRAPH SOFTWARE IN LANGSA

Heri Risdianto, Ida Karnasih, Hasratuddin Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui perbedaan dalam problem kemampuan menyelesaikan matematis dan efisiensi diri murid-murid SMA and MA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terarah dibantu oleh software Autograph dengan pembelajaran konvensional, mengetahui interaksi antara model gender dan pembelajaran menggunakan dengan kemampuan memecahkan problem matematis dan efisiensi dir siswai, Mengetahu perbedaan dalam kemampuan pemecahan masalah dan perbedaan dalam efisiensi diri siswa antara murid-murid SMA and MA. Dua kelas dipilih secara acak dari masing-masing sekolah sebagai kelas eksperimen dan kelas pengontrol. Kelas eksperimental menggunakan pembelajaran inkuiri terarah dibantu oleh software Autographs dan kelas pengontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Kenaikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terarah dibantu oleh software Autograph lebih tinggi dari kenaikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional, dengan suatu peningkatan rata-rata masing-masing 0,58 dan 0,37. (2) Analisis ANOVA menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara model gender dan pembelajaran siswa biasa meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematis siswa dan efisiensi diri,  tidak ada perbedaan-perbedaan penting dalam kemampuan pemecahan masalah dan efisiensi diri antara murid-murid SMA dan MA.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v6i1.1099

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: