ANALISIS KESULITAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)

Diana Sister, Edi Syahputra, Bornok Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada penerapan model problem based learning. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Swasta Al – Hikmah Medan. Objek penelitian ini adalah tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada penerapan model problem based learning dari 32 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat rendah’ sebanyak 13%, kemampuan berpikir kreatif ‘rendah’ sebanyak 6%, kemampuan berpikir kreatif ‘sedang’ sebanyak 44%, kemampuan berpikir kreatif ‘tinggi’ sebanyak 5%, dan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat tinggi’ sebanyak 3%.

Kata Kunci: Analisis, Berpikir Kreatif, Problem Based Learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i1.22882

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: