PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL ELICTING ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS X SMKN 2 MEDAN

Novita Sari, Izwita Dewi, Edy Surya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model eliciting activities; 2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model eliciting activities.; 3) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model eliciting activities.; 4) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model eliciting activities. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui model eliciting activities dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran melalui model eliciting activities  yang dikembangkan di kelas X-TG1, X-TG2 dan X-KR1. Dari hasil uji coba I, uji coba II dan tahap penyebaran diperoleh: 1) perangkat pembelajaran melalui model eliciting activities yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model eliciting activities meningkat, ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 70,00% meningkat menjadi 86,67% pada uji coba II dan meningkat 93,33% pada tahap penyebaran; 3) pencapaian disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model eliciting activities meningkat, ditinjau dari hasil analisis angket disposisi matematis siswa pada uji coba I sebesar 76,78  meningkat menjadi 82,15 pada uji coba II dan meningkat 87,84 pada tahap penyebaran.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, model pengembangan Dick & Carry, model eliciting activities (MEAs) kemampuan pemecahan masalah matematis, disposisi matematis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i2.22888

Article Metrics

Abstract view : 32 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: