ANALISIS DISPOSISI MATEMATIS DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Tri Dwi Larosa Simanjuntak, Arsin Lubis, Mulyono Mulyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disposisi matematis siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, meliputi (1) Disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) indikator disposisi matematis mana yang dominan meningkat dalam pembelajaran dan (4) kesulitan siswa ditinjau dari indikator disposisi matematis setelah pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X – IPA 1 SMA Global Prima National Plus School Medan sebanyak 32 orang dan objek penelitian ini adalah disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket disposisi matematis, pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Mile and Huberman. Berdasarkan data yang diperoleh, (1) siswa dengan disposisi matematis tinggi memiliki kepercayaan diri, fleksibilitas, ketekunan, keingintahuan, reflektif, aplikasi dan apresiasi tinggi. Siswa dengan disposisi matematis sedang memiliki kepercayaan diri, fleksibilitas, ketekunan, keingintahuan, reflektif, aplikasi dan apresiasi sedang. Siswa dengan disposisi matematis rendah memiliki kepercayaan diri, fleksibilitas, ketekunan, keingintahuan, reflektif, aplikasi dan apresiasi rendah, (2) indikator disposisi matematis yang dominan meningkat adalah indikator dua (fleksibilitas)

Kata Kunci : Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Tipe Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i2.22891

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 368 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: