PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS BUDAYA MINANGKABAU TERHADAP SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 PANTI

Novia Eka Putri, Edi Syahputra, Mulyono Mulyono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau terhadap Self Efficacy, (2) menganalisis interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau dan kemampuan awal matematis terhadap Self Efficacy siswa. Instrumen yang digunakan Angket Self Efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau terhadap Self Efficacy, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) berbasis budaya Minangkabau dan kemampuan awal matematis terhadap Self Efficacy siswa.

Kata Kunci: TPS, Think Pair Share, Self Efficacy Siswa, KAM.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i3.22924

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: