PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA PISA-LIKE PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Wahidah Amalia, Mulyono Mulyono, Elvis Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan soal matematika PISA-LIKE pada konten Change and Relationship yang valid dan praktis untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) tipe formative evaluation Tessmer yang terdiri dari dua tahap yakni; (1) tahap preliminary, dan (2) tahap formative evaluation yang meliputi self-evaluation dan prototyping. Untuk tahap prototyping terdiri dari expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-I SMP Dr. Wahidin Sudirohusodo yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan soal matematika PISA-LIKE pada konten Change and Relationship yang berkualitas dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Valid berdasarkan hasil validasi oleh para ahli yang menyatakan “soal dapat digunakan dengan sedikit revisi”. Praktis berdasarkan penilaian dari ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil angket respon guru sebesar 83,33% adalah “sangat positif” terhadap soal yang telah diberikan, sedangkan respon siswa sebesar 75% adalah “positif” terhadap soal yang telah diberikan oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis data tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap soal yang dikembangkan paling banyak berada pada kategori “sedang” sebanyak 15 siswa (41,67%).

Kata Kunci Soal matematika PISA-LIKE, Pemecahan Masalah Matematis, Formative Evaluation, Change and Relationship


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i3.22925

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 334 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: