ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Rosmawaty Simatupang, Elvis Napitupulu, Asmin Asmin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah pembelajaran problem-based learning, (2) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis setelah pembelajaran problem-based learning, (3) self-efficacay siswa pada pembelajaran problem-based learning. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kategori penilaian siswa berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis dari tertinggi ke terendah secara berurutan: kemampuan tinggi 8 orang, sedang 20 orang, dan rendah 10 orang. (2) Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah adalah siswa berkemampuan tinggi 1 orang melakukan kesalahan pada tahap melaksanakan rencana dan 3 orang salah pada tahap memeriksa kembali. Siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan pada tahap membuat rencana sebesar 7 orang, pada tahap melaksanakan rencana 11 orang dan tahap memeriksa kembali sebesar 20 orang. Siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan pada tahap membuat rencana sebesar 10 orang, pada tahap melaksanakan rencana 10 orang dan tahap memeriksa kembali sebesar 10 orang. (3) Self-efficacy siswa berdasarkan dimensi Magnitude dengan tingkat self-efficacy sangat tinggi sebanyak 1 orang, tingkat tinggi sebanyak 2 orang, tingkat sedang sebanyak 5 orang dan tingkat rendah seanyak 5 orang. Dimensi Streanght dengan tingkat self-efficacy tinggi sebanyak 3 orang, tingkat sedang sebanyak 8 orang, dan tingkat rendah sebanyak 6 orang. Dimensi Generality dengan tingkat self-efficacy sangat tinggi sebanyak 2 orang, tingkat tinggi sebanyak 2 orang, tingkat sedang sebanyak 3orang, dan tingkat rendah sebanyak 1 orang.

Kata Kunci: analisis, kemampuan pemecahan masalah matematis, self-efficacy, problem- based learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22944

Article Metrics

Abstract view : 535 times
PDF - 304 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: