PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTIVASI SISWA SMP

Shulha Kynanda Putri, Hasratuddin Siregar, Edi Syahputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) perangkat pembelajaran yang efektif berbasis PMR terhadap kemampuan spasial siswa di SMPN 2 Pulo Bandring; (2) perangkat pembelajaran yang efektif berbasis PMR terhadap motivasi siswa di SMPN 2 Pulo Bandring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick dan Carey. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP, LKS dan Buku Siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Pulo Bandring kelas IX. Berdasarkan pengembangan perangkat pembelajaran yang efektif diperoleh berdasarkan indikator keefektifan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) ketuntasan klasikal mencapai 90% yakni telah memenuhi kriteria ketuntasan yakni ≥ 85% siswa mencapai KKM; (2) ketuntasan tujuan pembelajaran rata-rata mencapai 77,24% yakni telah memenuhi kriteria ketuntasan yakni ≥75% dari skor maksimum tiap butir soal; (3) respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh  rata-rata 94,8%; (4) waktu pembelajaran dalam penelitian tidak berbeda jauh dengan waktu pembelajaran biasa.

Kata Kunci: Development research, Dick & Carey Model, Realistic Mathematics Education, Spatial Ability, Motivation.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i1.22945

Article Metrics

Abstract view : 336 times
PDF - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: