PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DI MTS NEGERI 1 MODEL MEDAN

Minda Uba Manora Siregar, Edi Syahputra, Sriadhi Sriadhi

Abstract


Dalam pembelajaran inovatif guru harus menggunakan media pembelajaran, sebab media merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Melalui media yang dikombinasikan dengan model pembelajaran akan mempermudah proses pembelajaran yang kondusif, kreatif dan meningkatkan efesiensi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis STAD menggunakan program aplikasi adobe flash untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur 4-D. Peneliti menetapkan subjek penelitian yaitu kelas VIII-11 MTs Negeri 1 Model Medan. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran matematika yang telah dinyatakan valid dan layak digunakan secara keseluruhan sebagai media pembelajaran. Hasil dari uji kelayakan produk adalah hasil dari penilaian ahli media,ahli materi dan siswa. Hasil yang didapatkan skor persentase kelayakan media sebesar 84,34% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian media pembelajaran oleh ahli materi didapatkan persentase kelayakan akhir sebesar 70,5% dengan kategori “Layak”. Hasil penilaian oleh siswa didapatkan persentase akhir sebesar 92,9% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan uji kemampuan spasial siswa diketahui jumlah persentase siswa yang memenuhi nilai ketuntasan pada saat pre-test sebesar 34%, sedangkan pada saat post-test sebesar 86%. Sehingga dapat disimpulkan pengembagan media pembelajaran berbasis STAD yang dihasilkan dinyatakan layak dan meningkatkan kemampuan spasial siswa.

Kata Kunci: Adobe flash; Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Kemampuan Spasial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i2.23716

Article Metrics

Abstract view : 250 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: