PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Diah Ari Saputri, Hasratuddin Siregar, Bornok Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan media pembelajaran macromedia flash yang berkualitas yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa; 2) Menganalisis media pembelajaran yang dapat meningkatkan penalaran matematis siswa sehingga siswa mudah memahaminya dalam proses pembelajaran; 3) Menganalisis media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian belajar pada proses pembelajaran; 4) Menganalisis perbedaan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan tidak menggunakan media. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan model pengembangan 4-D berpusat untuk mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret dan uji eksperimen menggunakan analisis statistik uji-t bertujuan untuk melihat perbedaan antara sampel yang diajar mengunakan media yang dikembangkan dengan menggunakan media lain. Berdasarkan hasil uji coba I praktikalitas oleh para ahli memenuhi kriteria cukup praktis 79,7% dan hasil efektivitas belum memenuhi kriteria ketuntasan maka dilanjutkan oleh uji coba II dengan hasil memenuhi kriteria praktis 85,2% dan hasil efektivitas telah memenuhi kriteria ketuntasan. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis discovery learning memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Uji keterlaksanaan dari penerapan media pembelajaran praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa serta hasil analisis data angket kemandirian belajar siswa pada uji coba I dan uji coba II menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa meningkat lebih baik. Dari hasil analisis terdapat uji perbedaan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa antara menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan dengan tanpa menggunakan media.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Model 4-D, Model Discovery Learning, Penalaran Matematis Siswa, Kemandirian Belajar Siswa.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i1.23719

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: