PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN GEOGEBRA DENGAN TANPA BERBANTUAN GEOGEBRA

Diki Arwinsyah, Ida Karnasih, Waminton Rajagukguk

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran PBL berbantuan GeoGebra dengan tanpa bantuan GeoGebra (2) perbedaan peningkatan motivasi siswa yang diberi pembelajaran PBL berbantuan GeoGebra dengan tanpa bantuan GeoGebra (3) aktivitas belajar siswa proses pembelajaran PBL berbantuan GeoGebra dan tanpa bantuan GeoGebra (4) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran PBL berbantuan GeoGebra dan tanpa bantuan GeoGebra. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Langsa yang memiliki rombongan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Langsa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 30 siswa dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 30 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes pengetahuan awal matematika siswa, kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, angket motivasi siswa, dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann Whitney U, ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika pada pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dengan tanpa berbantuan Geogebra di SMPN 3 Langsa. Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa antara yang diberi pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dengan pembelajaran PBL tanpa berbantuan Geogebra. Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan pemecahan masalah yang diberi pembelajaran PBL berbantuan Geogebra lebih baik, sesuai dengan prosedur dan jawaban siswa lebih bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran PBL tanpa berbantuan Geogebra. Aktivitas siswa dengan pembelajaran PBL berbantuan Geogebra dan pembelajaran PBL tanpa berbantuan Geogebra dalam kategori aktif.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar, Pembelajaran PBL Berbantuan Software GeoGebra

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i2.23722

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: