PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII

Abdul Halim, Asmin Asmin, Faiz Ahyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, serta ntuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data diperoleh melalui tes KAM, tes soal berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis (ANAVA) diperoleh hasil penelitian dengan nilai signifikan (sig)  α = 0,000 disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan nilai signifikansi interaksinya yaitu 0,488 berarti tidak terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Selanjutnya untuk kemampuan pemecahan masalah nilai signifikan (sig)  α = 0,000 bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan nilai signifikansi interaksi yaitu 0,337 karena nilai signifikansi lebih besar dari nilai taraf signifikan 0,05 jadi tidak cukup bukti untuk menolak Ho dengan kata lain Ho diterima, berarti tidak terdapat interaksi pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata KunciPendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Berfikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Awal Matematika (KAM)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i2.23723

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 240 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: