PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MAN 1 MEDAN

Maulida Hafni, Edi Syahputra, Nerli Khairani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menemukan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif  dalam meningkatkan kemampuan kemampuan representasi matematis dan siswa di MAN 1 Medan; 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning di MAN 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) Thiagarajan dan tahap kedua mengujicobakan pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Pembelajaran interaktif berbasis Discovery learning yang dikembangkan di MAN 1 Medan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Kemampuan representasi matematis siswa MAN 1 Medan dengan pembelajaran interaktif berbasis Discovery learning meningkat, ditinjau dari N-Gain uji coba I sebesar 0,25 pada kategori rendah meningkat menjadi 0,31 pada kategori sedang pada uji coba II.

Kata Kunci: pembelajaran interaktif, discovery learning, kemampuan representasi matematis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.24827

Article Metrics

Abstract view : 294 times
PDF - 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at:


slot gacor slot