ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING

Khairul Saleh Siregar, Yulita Molliq, Syafari Syafari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving, (2) kesulitan kemampuan komunikasi matematis yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pada model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana kemampuan komunikasi matematis merupakan cara penyampaian informasi mengenai ide gagasan matematis melalui simbol-simbol ayau gambar baik lisan atau tulisan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa : (1) tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving yang berkemampuan sedang memiliki proporsi tertinggi sebesar 32% kemudian diikuti oleh siswa berkemampuan rendah sebesar 20% dan terakhir siswa berkemampuan  sangat tinggi, tinggi, dan sangat rendah masing-masing sebesar 16%, (2) kesulitan kemampuan komunikasi matematis siswa, dimana 32% siswa tidak mengalami kesulitan, 32% siswa mengalami sedikit kesulitan, 36% mengalami kesulitan, dimana kesulitan siswa yang terlihat dari aspek indicator kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu ekspresi, menggambar, pemahaman matematika.

Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, Thinking Aloud Pair Problem Solving.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.26996

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: