PENGEMBANGAN TES BERPIKIR KREATIF KELAS VIII SMP RANTAUPARAPAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Dewi Wahyuni, Dian Armanto, Asmin Asmin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah(1) Mengetahui efektifitas tes berfikir kreatif kelas VIII SMP Rantauparapat yang dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2). Mengetahui sentivitas tes berpikir kreatif kelas VIII SMP Rantauparapat yang dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas VIII SMP Rantauparapat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan modifikasi antara Model Pengembanagan Sugiono yang dibatasi dengan empat tahapan, yaitu: tahapan rancangan, tahapa validasi, tahapan uji coba terbatas dan tahapan uji coba lebih luas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang berakreditasi A di Rantauparapat, secara acak dipilih dua sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMPN 2 dan MTsN Rantauparapat. Kemudian secara acak dipilih salah satu kelas dari SMP 2 rantauparapat sebagai uji coba terbatas dan dua kelas dari sekolah MTs N sebagai uji coba lebih luas. Semua kelas uji coba diberi perlakuan yang sama yaitu Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari : tes kemampuan berpikir  kreatif dan lembar observasi. Instrument tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi,serta koefesien relialibitas sebesar 0,90. Hasil pengujian analisismenunjukkan bahwa: (1) Penerapan Pengembangan Tes Berpikir Keratif kelas VIII SMP Rantauparapat yang dikembangkan melalui Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Efektif ditinjau dari, hasil belajar siswa,waktu dan tujuan pembelajaran, dapat dilihat dari komponen-komponen (a) hasil belajar siswa secara klasikal berada diatas 80%. (b) waktu yang digunakan siswa dan guru dalam proses pembelajaran berada pada keriteria efektif. (c)tujuan pembelajaran yang telah tercapai dari nilai rata-rata siswa dan secara klasikal berada diatas 80%. (2). Sensitivitas tes berpikir kreatif peka terhadap pembelajaran kooperatif tife STAD. (3). Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tife STAD berada diatas 80%.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v7i2.2957

Article Metrics

Abstract view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: