UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI PELUANG DI KELAS XI SMA SWASTA RIZKI ANANDA

Nely Andriana, Yasifati Hia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa pada materi Peluang dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tiam Asisted Individualization di kelas XI SMA Swasta Rizki Ananda tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA  Swasta Rizki Ananda, medan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Subjeck dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA  Swasta Rizki Ananda, medan yang berjumlah 20 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan Kreativitas Siswa siswa Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di kelas   XI SMA Rizki Ananda Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Instrumen dalam penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa padamateri peluang saat dilakukan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dan kreativitas siswa pada saat menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,15 sudah berada pada katagori cukup baik dan pada siklus II hasil observasi proses pembelajaran yaitu 3,76 betrada pada katagori sangat baik. Berdasarkan hasil observasi kreativitas njuga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I yaitu 1,53 berada pada katagori sangat buruk dan pada siklus II menjadi 2,54 sudah berada pada katagori cukup baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan dimana pada tes kemampuan awal persentase ketuntasan hanya 20% (4 orang siswa) dengan rata-rata 50,42, pada siklus I meningkat menjadi 65% (13 orang siswa) dengan rata-rata 76,9 dan pada siklus II menjadi 95%  (19 orang siswa) dengan nilai rata-rata 80,4 dan sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal (PKK) yaitu (≥ 65%). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa materi pembelajaran kooperatif tipe TAI  (Team Assisted Individualization) dapat meningkat kreativitas siswa.



DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v7i2.2963

Article Metrics

Abstract view : 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: