ANALISIS KESALAHAN NEWMAN PADA SOAL CERITA MATEMATIS (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problems)

Ida Karnasih

Abstract


Newman (1977, 1983) mendefinisikan lima keterampilan khusus tentang matematika literasi dan numerasi yang penting dalam kemampuan pemecahan masalah soal cerita matematis. Kelima hal tersebut berkenaan dengan: membaca, pemahaman, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean (encoding). Analisis Kesalahan Newman (Neman’s Error Analysis - NEA) memberikan kerangka untuk mempertimbangkan alasan yang mendasari tentang kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematis dan proses yang membantu guru untuk menentukan dimana kesalahpahaman terjadi. NEA juga memberikan petunjuk bagi guru kemana guru mengarahkan strategi pengajaran yang efektif untuk mengatasinya. Makalah ini menyajikan konsep dan prinsip dasar NEA beserta contoh penerapannya dan hasil penelitian yang telah dilakukan. NEA digunakan sebagai alat diagnostik yang menghubungkan numerasi (berhitung) dan literasi dan membahas bagaimana guru menggunakan NEA sebagai remediasi dan strategi pedagogis di dalam kelas untuk siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i1.3352

Article Metrics

Abstract view : 683 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN : 1978-8002 

e-ISSN : 2502-7204

Flag Counter