PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TRANSFORMASI DENGAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN KARTU DOMINO

Maslina Simanjuntak, Edy Surya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi TTW berbantuan kartu domino dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi TTW berbantuan kartu domino dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (3) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis, (4) Interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis, (5) Proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran konvensioal dan pembelajaran dengan strategi TTW berbantuan kartu domino. Penelitian ini penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 3 Tebing Tinggi, dan sampelnya dipilih secara acak. VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-3 kontrol yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan tes kemampuan representasi dan komunikasi matematis berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,923 untuk tes kemampuan representasi dan 0,887 untuk tes komunikasi. Analisis data dengan uji statistik anava 2 jalur. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan strategi TTW berbantuan kartu domino lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi TTW berbantuan kartu domino lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi, (5) Proses jawaban siswa yang diajar dengan strategi TTW berbantuan kartu domino lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i1.3355

Article Metrics

Abstract view : 370 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN : 1978-8002 

e-ISSN : 2502-7204

Flag Counter