PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI ATURAN PENCACAHAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi aturan pencacahan yang valid dan praktis berdasarkan karakteristik pembelajaran berbasis masalah dan kurikulum 2013 serta untuk mengetahui efek potensial dari bahan ajar terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah development research yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap preliminary yang meliputi persiapan dan desain kemudian tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 6 SMAN 10 Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan walk through, obsevasi dan tes. Penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis sesuai dengan karakteristik pembelajaran berbasis masalah dan kurikulum 2013. Valid tergambar dari saran validator yang menyatakan bahwa bahan ajar baik berdasarkan konten yang sesuai dengan kurikulum 2013, konstruk yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran berbasis dan bahasa yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Serta mempunyai efek potensial terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dilihat dari sikap, pengetahuan dan keterampilan yang secara umum baik serta hasil tes evaluasi akhir dimana rata-rata nilai siswa dikategorikan baik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i3.3357
Article Metrics
Abstract view : 473 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |