PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan Visual Thinking dalam pemecahan masalah matematis setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Buku Siswa, Buku Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Siswa. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh hasil bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid, praktis dan efektif serta adanya peningkatan kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis setelah menggunakan perangkat yang dikembangkan sebesar 5 %.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i3.3364
Article Metrics
Abstract view : 2062 timesPDF - 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |