Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Blended Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Matematis Dan Self-Efficacy Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis Blended learning pada pembelajaran matematika.; 2) mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa menggunakan perangkat berbasis Blended learning pada pembelajaran matematika; dan 3) mengetahui peningkatan efikasi diri siswa dengan menggunakan pembelajaran perangkat berbasis Blended learning pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D ( define, design, develop, dan menyebarkan) Thiagarajan dan Semmel (1974) dengan mengembangkan perangkat berbasis Blended Learning. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Islam Al-ulum Terpadu Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Islam Al-ulum Terpadu Medan kelas XI MIA tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perangkat pembelajaran berbasis Blended Learning dalam meningkatkan kemampuan kreativitas matematis dan belajar siswa yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan kreativitas matematis siswa menggunakan perangkat yang telah dikembangkan berbasis Blended Learning dilihat dari N-Gain 0,83 artinya berada dalam kategori “Tinggi”;3) Peningkatan Self-efficacy siswa menggunakan perangkat yang telah dikembangkan berbasis Blended Learning dilihat dari Nilai N-Gain 0,14 artinya berada dalam ketegori “Rendah” atau hanya sedikit mengalami peningkatan kemampuan Self-efficacy.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34123
Article Metrics
Abstract view : 160 timesPDF - 109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |