Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan, (2) Mengetahui proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Percut Sei. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa. (1) Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77 dengan 72% dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang kemudian nilai rata-rata meningkat pada siklus II menjadi 80,17 dengan 88% dari jumlah siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal kategori sedang. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis sudah baik. Hal ini dilihat dari siswa sudah mampu menyelesaikan masalah dengan algoritma yang tepat serta berkurangnya kesalahan siswa dalam berhitung. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah diterapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34224
Article Metrics
Abstract view : 144 timesPDF - 105 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |