Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecemasan matematika (Mathematics anxiety) dalam pembentukan konsep image siswa dengan melihat setiap perbedaannya pada tingkat kognitif, afektif, psikomotorik dan somatic. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengukuran kecemasan matematika (mathematics anxiety) dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran matematika berlangsung di dalam kelas. Responden dalam penelitian kali ini adalah siswa kelas X SMA yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas X IPA dan X IPS dengan jumlah seluruhnya adalah 28 orang siswa . Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan angket skala kecemasan matematika yang memuat 22 pertanyaan yang terbagi menjadi 4 indikator yaitu kognitif, psikomotorik, afektif dan somatic. Proses pengolahan data akan dilakukan dengan menggunakan five point Likert scale yang kemudian dikonversi menggunakan MSI (Method of Successive Interval). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan matematis siswa kelas X IPA dan X IPS dikatakan berada pada kategori yang cukup tinggi serta tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dari kedua kelas tersebut. Kelas X IPA dan X IPS mengalami kecemasan matematis selama proses pembelajaran berlangsung sehingga konsep image siswa tidak terbentuk dengan baik.
Kata kunci : Kecemasan matematika, Konsep image
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34569
Article Metrics
Abstract view : 438 timesPDF - 372 times
Refbacks
- Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa
- Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa
- Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa
- Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |