Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa

Siti Shara Siagian, Abdul Mujib, Cut Latifah Zahari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecemasan matematika (Mathematics anxiety) dalam pembentukan konsep image siswa dengan melihat setiap perbedaannya pada tingkat kognitif, afektif, psikomotorik dan somatic. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengukuran kecemasan matematika (mathematics anxiety)  dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran matematika berlangsung di dalam kelas. Responden dalam penelitian kali ini adalah siswa kelas X SMA yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas X IPA dan X IPS dengan jumlah seluruhnya adalah 28 orang siswa . Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan angket skala kecemasan matematika yang memuat 22 pertanyaan yang terbagi menjadi 4 indikator yaitu kognitif, psikomotorik, afektif dan somatic. Proses pengolahan data akan dilakukan dengan menggunakan five point Likert scale yang kemudian dikonversi menggunakan MSI (Method of Successive Interval). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan matematis siswa kelas  X IPA dan X IPS dikatakan berada pada kategori yang cukup tinggi serta tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dari kedua kelas tersebut. Kelas X IPA dan X IPS mengalami kecemasan matematis selama proses pembelajaran berlangsung sehingga konsep image siswa tidak terbentuk dengan baik.

Kata kunci : Kecemasan matematika, Konsep image


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34569

Article Metrics

Abstract view : 384 times
PDF - 322 times

Refbacks




Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: