Resiliensi Matematis Ditinjau Dari Self – Efficacy Siswa

Tetra Hajar Nuraeni, Anggun Badu Kusuma

Abstract


Resiliensi merupakan sikap positif yang ditunjukkan seseorang dalam menghadapi persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan resiliensi matematis siswa SMP Muhammadiyah Boarding School ZAM ZAM Cilongok ditinjau dari self – efficacy. Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII H yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini siswa dikelompokan kedalam tiga kategori, yaitu kelompok siswa self – efficacy tinggi, kelompok siswa self – efficacy sedang, dan kelompok siswa self – efficacy rendah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan self – efficacy tinggi sudah menguasai semua indikator resiliensi. Siswa self – efficacy sedang menguasai tiga dari empat indikator resiliensi. Siswa dengan self – efficacy rendah belum menguasai semua indikator yang ada pada resiliensi. Dengan kondisi demikian maka perhatian terhadap siswa dengan kemampuan self-efficacy rendah sangat diperlukan. Karena dapat mempengaruhi sikap dan hasil belajar matematika.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.35104

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: