Deskripsi Keterampilan Metakognitif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu siswa pada SMP Negeri 26 Makassar kelas VIII sering merasa kesulitan dalam memahami konsep materi SPLDV, terlebih ketika siswa dihadapkan pada persoalan yang lebih rumit serta bervariasi. Siswa juga cenderung belum dapat mengontrol proses kognitifnya dengan baik dalam menyelesaikan masalah. Hal itu menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif siswa masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika yang bergaya kognitif konseptual tempo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes gaya kognitif MFFT, tes pemecahan masalah matematika dan wawancara. Indikator keterampilan metakognitif yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 1 siswa yang bergaya kognitif fast accurate, 1 siswa yang yang bergaya kognitif impulsif, 1 siswa yang bergaya kognitif reflektif, dan 1 siswa yang bergaya kognitif slow inaccurate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek yang bergaya kognitif fast accurate dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dan mampu melakukan aktivitas keterampilan metakognitif pada tahap merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi, (2) Subjek yang bergaya kognitif impulsif dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika tetapi hanya dapat melakukan aktivitas keterampilan metakognitif pada tahap merencanakan, (3) Subjek yang bergaya kognitif reflektif dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dan mampu melakukan aktivitas keterampilan metakognitif pada tahap merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi, dan (4) Subjek yang bergaya kognitif slow inaccurate dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika tetapi hanya dapat melakukan aktivitas keterampilan metakognitif pada tahap merencanakan
Kata Kunci: Metakognitif, Memecahkan Masalah, Gaya Kognitif Konseptual Tempo
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.35396
Article Metrics
Abstract view : 358 timesPDF - 235 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |