Kercerdasan Triarkis Siswa Kelas VII SMP Sutomo 1 Medan Ditinjau dari Gender pada Materi Pembelajaran Segiempat

Izwita Dewi, Michael Christian Simanullang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pencapaian keserdasan triarkis siswa kelas VII SMP Sutomo 1 Medan ditinjau dari perbedaan gender pada materi pembelajaran bangun datar segiempat, yang dianalisis dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalan 25 orang siswa laki – laki dan 21 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sembilan soal uraian yang masing – masing soal mewakili kemampuan – kemampuan yang yang tercakup dalam setiap aspek kecerdasan triarkis. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kecerdasan analitik siswa tidak berdistribusi normal, karena sig. = 0,001 < 0,05; demikian juga dengan skor kecerdasan kreatif, dengan sig. = 0,000 < 0,05; serta kecerdasan praktik siswa dengan sig. = 0,020 < 0,05. Ketidaknormalan skor kecerdasan triarkis siswa tersebut mengharuskan untuk menganalisis data dengan uji nonparametris. Uji non parametris yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dengan uji Mann-Whitney maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara skor kecerdasan analitik siswa laki – laki dan perempuan, dimana sig. = 0,399 > 0,05. Hasil yang serupa juga diperoleh pada skor kecerdasan kreatif siswa dengan sig. = 0,831 dan skor kecerdasan praktik siswa dengan sig. = 0,867. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan skor pencapaian kecerdasan triarkis siswa laki – laki dan perempuan kelas VII SMP Sutomo 1 Medan.

 

Kata Kunci: Gender, Kercerdasan Triarkis, Segiempat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.35870

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: