Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pembelajaran Discovery dan Group Investigation di SMK Multi Karya

Putri Anggraini Purba, Pardomuan Sitompul, E Elvis Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, (2) perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran dan model pembelajaran (3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 3 dan XI MM 2, dengan analisis ANAVA dua jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh awal terhadap kemampuan matematika terhadap pemahaman konsep matematika siswa, (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran dan model pembelajaran kelompok , (3) Tidak ada interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.


Full Text:

PDF

References


Agustina, N., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis APOS. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 12-20.

Antika, M.S., Andriani, L., Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ThinkPair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. Journal for Research in Mathematics Learning, 2(2): 118-129.

Arends, R. (2012). Learning To Teach (Ninth Edition). New York: The McGraw-Hill Companies.

Ayu, P.F, Kodirun, Suhar, & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2): 229-239.

Fatqurhohman. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2):127-133.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di SMP Negeri 1 Tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2):70-77

Irwan, A.A., Lubis, P., & Lefudin. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Luminious, 3(2): 27-33.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun. (2003). Models of Teaching. New Delhi: Jay Print Pack Private Limited.

Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findell, B. (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Kokasih. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rama Widya.

Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rahayu, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 5 (3).

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Salimah, H., Hidayah, N., Fitri, A. (2021). Eksperimentasi Model Discovery Learningberbantu Lkpd Terhadap Pemahaman Konsep Matematispeserta Didikmts Ishthifaiyah Nahdliyah. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan. 205-212.

Saragih, S., & Afriati, V. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Trigonometri Siswa SMK Melalui Penemuan Terbimbing Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4): 368-381.

Sumarni & Adiastuty, N. (2012). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer. Jurnal Euclid, 2(1): 226-237.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syahputra, E. (2016). Statistika Terapan untuk Quasi dan Pure Experiment di Bidang Pendidikan, Biologi, Pertanian, Teknik, dll. Medan: UNIMED Press.

Syahriani. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematik Siswa SMA di Kota Kisaran. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Takdir, M. (2016). Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.39743

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: