Penerapan Metode TAPPS pada Model Pembelajaran Erbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Trisna Utami Putri, Wilma Handayani, Said Iskandar

Abstract


Dengan memasukkan pendekatan pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving ke dalam model pembelajaran berbasis masalah, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Diikuti 32 siswa kelas X KC-1 SMK Negeri 10 Medan. Jalur inkuiri ini bermaksud untuk mengembangkan literasi matematis siswa dengan berfokus pada pemecahan masalah. Penelitian Tindakan Kelas dengan dua putaran. Di akhir setiap siklus, siswa diuji untuk melihat apakah mereka telah meningkat dalam matematika. Pada siklus 1 rata-rata skor pemecahan masalah adalah 74,38 dan 22 siswa (68,75%) memiliki ketuntasan belajar. Pada siklus 2 rata-rata skor pemecahan masalah adalah 79,08, dan 28 siswa (87,5% dari seluruh siswa) mencapai ketuntasan. Data ini dianalisis. Pada siklus 2 nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa lebih tinggi dari pada siklus 1. Berdasarkan temuan tersebut, pembelajaran berbasis masalah diterapkan pada kelas X KC-1 SMK Negeri 10 Efektif. Think Aloud Pair Problem Solving mengajarkan matematika. Berdasarkan informasi di atas, telah ditetapkan bahwa metode Think Aloud Pair Problem Solving dalam model pembelajaran berbasis masalah berpotensi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X KC-1 SMK Negeri 10 Medan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M., (2010), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, S., (2012), Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

Arifin, Z., (2011), Evaluasi Pembelajaran, Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.

Barkley, E., (2012), Colaborative Learning Techniques, Penerbit Nusa Media, Bandung.

Barkley, Elizabeth F . (2010), Student Engagement Techniques: A Handbook For College Faculty. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

David, J., (2004), Learning to Solve Problem An Intructional Design Guide, Pfeiffer, San Francisco.

Djamarah, S., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Sanjaya, W., (2011), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Penerbit Kencana Prenada Media, Bandung.

Supriati, (2012), Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pemecahan masalah matematik melalui metode Think aloud Pair Problem Solving (TAPPS) di SMP Negeri 17 Tangerang Selatan, UIN, Jakarta, Skripsi tidak diterbitkan.

Suryosubroto, B., (2009), Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Wena, M., (2009), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Bumi Aksara, Jakarta.

Whimbey, A., (1999), Problem Solving & comprehension, Lawrence Erlbaum Associates, London.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40030

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: