Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Maulida Hafni, Suradi ,, Hamidah Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X BKP SMK Negeri 14 Medan; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini berbasis kelas. Peserta kelas X BKP SMK Negeri 14 Medan sebanyak 24 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X BKP SMK Negeri 14 Medan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I dengan pemberian tes kemampuan berpikir kritis matematika I, 16 dari 24 siswa (66,67%) mencapai ketuntasan belajar. Setelah tindakan II, 21 (87,5%) dari 24 siswa yang memiliki ketuntasan belajar (skor 65) diuji kemampuan berpikir kritis matematis II. Ketuntasan klasikal naik 20,83 persen. Kriteria ketuntasan klasik terpenuhi. Menurut penelitian, peneliti masa depan harus fokus pada pemikiran kritis dalam pembelajaran dan menerapkannya pada mata pelajaran yang berbeda.

Full Text:

PDF

References


Arends, I.R., 2008. Learning To Teach. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Azizah, N.T. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa Melalui Pendekatan Open-Ended di SD I AL Syukro

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menenga, Pdf . Jakarta : BSNP.

Eggen, P.D.K., 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Indeks.

Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus No 1 Agustus 2011.

Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Maematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 No. 2 Desember 2010.

Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E.E., dan Hasratuddin., 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano. ISSN : 2086-2334.

Mareesh K, R.D. dan Padmavathy. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning in Mathematics Vol. II Issue-I Januari Page 45,International Multidisciplinary e-Journal.

Minarni, A., Sri, D.L., dan Annajmi. 2018. Kemampuan Berpikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Medan : Harapan Cerdas.

Natalita, D.A. dkk. 2013. Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Nasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematiaka. Vol 1, No 2.

Sianturi, A., dkk. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1, Maret 2018.

Sinaga, E.M.Y dan Ani, M,. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa kelas IX SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Inspiratif. P-ISSN : 2442-8876.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tan, Seng-Oon. 2004. Enhancing Thinking Through Problem-Based Learning Approaches: International Perspectives. Singapore: Cengange Learning




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40050

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: