Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Model Problem Based Learning

Riska Dewi Ginting, Suriadi ,, Hamidah Nasution

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pendidikan matematika siswa melalui penggunaan Problem-Based Learning (PBL). Siswa kelas XII matematika di TKRO SMK Negeri 14 Medan diberikan tujuan, tujuan pembelajaran, diskusi kelompok, tugas, insentif belajar, dan kesimpulan oleh gurunya. Ini akan menjadi studi kelompok yang berlangsung selama dua semester. Setiap siklus terdiri dari dua sesi, yang dipecah ke dalam kategori berikut: pemecahan masalah, perencanaan, dan refleksi. Pengumpulan data biasanya melibatkan pengamatan atau pengukuran. Dalam proses analisis data, kami membandingkan hasil tes dari siklus 1 dengan yang dari siklus 2 menggunakan statistik deskriptif. Dalam penelitian ini, data disediakan, dan kemudian dianalisis secara deskriptif, sehingga dapat diberikan ringkasan umum tentang fakta dan deskripsi fenomena. Keberhasilan siswa dinilai pada setiap akhir siklus dengan menggunakan sistem rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XII TKRO SMK Negeri 14 Medan pada mata pelajaran matematika meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan bukti sebagai berikut: (1) peningkatan aktivitas mendengarkan dari 75% menjadi 87%, verbal dari 4; (2) terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II dari 66 menjadi 80. Pada siklus II siswa berjumlah sembilan siswa dari pada siklus sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


Afcariono,M. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Biologi.(http://jurnaljpi.wordpress.com/2009/01/01/muchamad-afcariono/)

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, M. 2008. Ilmu Pendidikan. Ponorogo: STAIN Press.

Hamalik, O. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ibrahim dan Nur. 2000. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). http://setyoexoatm.blogspot.com/2010/06/problem-basedlearning.html

Koesoema, D. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Poerwadaminta W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ridwan C. 2009. Problem Based Learning. (http://ridwan13.wordpress.com)

Rochaety, E. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman.2007. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Gravindo Persada

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudikin dkk. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Depdiknas.

Sumitro, dkk. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Davidson, N. 1994. Cooperative and collaborative learning: An integrative perspective. In J. S. Thousand, R. A. Villa, & A. I. Nevin (Eds.), Creativity and collaborative learning: A practical guide to empowering students and teachers (pp. 13–30). Baltimore: Paul H. Brookes Publishing Co.

Forehand, M. (2005). Bloom’s taxonomy: Orginal and revised. In Emerging Persceptives on Learning, Teaching, and Technology. Retrieved 29 March, 2010 from http://eit.tamu.edu/JJ/DE/BloomsTaxonomy.pdf

Hanun, F. 2010. The Effect of Learning Methods and Early Ability on Mathematics Learning Outcomes. Widyariset Journal, Vol. 13, No.1: 123-133.

Sugiyono. 2012. Qualitative and Quantitative Research Methods R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40075

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: