Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40076Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apa yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di SMA Negeri 8 Medan dengan menggunakan model pemecahan masalah berbasis geogebra dan (2) konsep terapan model. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dengan dua kali pertemuan. Terpilih 36 siswa kelas 12 SMA Negeri 8 Medan. Gunakan pengamatan guru dan siswa serta tes matematika untuk mengumpulkan data. Tes dilakukan sebanyak tiga kali yaitu pertama untuk konsep matematika I dan II. (1) Kemampuan memahami konsep matematika siswa sebelum diberikan tindakan; 5 siswa (13,90%) telah mencapai ketuntasan belajar, dan 31 siswa (86,11%) belum. (2) Setelah tindakan siklus I, 19 (52,78%) dan 17 (47,22%) anak belum menguasai pembelajaran. (3) Pada siklus II, 33 siswa (91,67%) mencapai ketuntasan belajar dan 3 (8,33%) tidak, meningkat 38,89% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan penelitian, paradigma pembelajaran berbasis masalah berbantuan geogebra dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa di SMA Negeri 8 Medan.References
A, Ibrahim, M. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung
Arends, R I. (2012). Learning to Teach ninth edition. New York : McGraw-Hill.
Aris, shoimin. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Arikunto, S, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Alif, Ringga Persada. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika . Vol.5 No.2 ISSN 2086 “ 3918.
Al-Tabary, Trianto Ibnu Badar. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Aulia, dkk. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. Prosiding Seminar Nasional Matematika Vol 1 ISSN 2613-9189
Bani, Asmar. (2011) Meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran Matematika Siswa SMP melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. SPS UPI Bandung. Jurnal Pendidikan Vol. 1 No 1.
Chairani, Zahra. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :Erlangga
__________. (1996). Teori “ teori Belajar. Bandung: Erlangga
Dahlan, A.J. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.Pdf
Duffin, J.M.& Simpson, A.P. (2000). A Search for understanding. Journal of Mathematical Behavior. 18(4): 415-427
Effendi, Kiki Nia Sania. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Journal of Research in Mathematics Learning and Education. Volume 2 Nomor 2. ISSN 2548-2297
Eka, Lestari Karunia dan Mohammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditma
Ferdianto, Ferry dan Ghanny. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing. Jurnal Euclid. Vol.1. No.1
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hasratuddin. (2018) . Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan : Perc. EDIRA
Hidayat, Rifqi dan Nurrohmah. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Mts Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 9. No. 1
Hudojo, Herman. (2016). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : UM PRESS
Hohenwarter, M., et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra. Tersedia; http://www. publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16.pdf. diakses pada tanggal 03 Oktober 2022
Ibrohim, Asori. (2018). Jejak Inovasi Pembelajaran IPS: Mengembangkan Profesi Guru Pembelajar. Yogyakarta : Leutika Prio
Imas, Yulyanty, dkk. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Statistika. Journal of Elementary Education. Vol. 2. No. 3
Irawati, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik siswa. Prosiding Nasional Pendidikan Matematika Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung. Volume 1 ISSN 2355-0473
Kamid, Evita Anggereini, dkk. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. Vol. 7. No. 2 ISSN 2089-8703
Kunandar (2018). Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rajawali Perss
Kusmastuti, Supartono, dkk. (2013). Pembelajaran Bercirikan Pemberdayaan Kegiatan Belajar Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan. Journal of Mathematics Education Research. Vol 2. No.1. ISSN 2252-6455
Maf™ulah, Syarifatul , dkk. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 10. No 3 ISSN: 2086-4280
Mahmudi, A. (2011). Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Makalah. Seminar Proceeding National Seminar on Science and Math Education. LPM UNY Yogyakarta Indonesia.
Mayer, (2002). Rote Versus Meaningful Learning. Theory Into Practice. College of Education The Ohio State University Vol. 41 No.4
Mukhtar dan Mariani Manik. (2017). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika di Kelas VIII SMPN 1 AJIBATA. Jurnal Inspiratif. Vol. 3, No. 2 e-ISSN : 2528-0475
Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmawati,A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pascasarjana STKIP Siliwangi Bandung Vol. 1 ISSN 2355-0437
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja
Wina, Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.