Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Himpunan

Zulfan Idris Shaleh Harahap, Karnace A H Sirait, Muliawan Firdaus

Abstract


Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian tindakan kelas (PTK), dan berusaha untuk menjawab pertanyaan, “Upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VII E SMP Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023?” Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di kampus SMP Negeri 3 Medan. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah 32 siswa yang terdaftar di kelas VII E SMP Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2022/20233. (1) Skor aktivitas siswa pada siklus I secara keseluruhan berada pada kriteria cukup dengan skor rata-rata 22,83, dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 25,83 yang termasuk dalam kriteria baik. Hal ini ditentukan oleh temuan penelitian. (2) Hasil tes ketuntasan belajar klasikal yang diambil pada siklus I menunjukkan skor 57,15%, tetapi pada siklus II skor tersebut meningkat menjadi 82,14%.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Firmansyah, A.,Kosim,& Ayub, S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalahdengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika SiswaKelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015.Jurnal Pendidikan Fisika danTeknologi, 1(3):154- 159.

Hanafiah dan Suhana, Cucu. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2016. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat.

Trianto. 2009. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta : Prestasi PustakarayaVol. 4, Issue 2, p




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40092

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: