Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Medan

Windi Perkasa. Ed, Karnace A H Sirait, Muliawan Firdaus

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VII  SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII  SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2022/20233 yang berjumlah 32 orang dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif  matematika siswa pada materi himpunan dengan model Problem Based Learning (PBL). Dari hasil penelitian diperoleh (1) skor kemampuan berpikir kreatif peserta didik siklus I secara keseluruhan berada pada kriteria sedang dengan rata-rata skor 73,77 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor 81,47 berada pada kriteria tinggi.

Full Text:

PDF

References


Alifia Nurrahmawati, dkk, (2021). Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi, Yogyakata: UAD Press

Amelia Monica, dkk, (2022). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Model Online Problem Based Learning, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.6, No.2

Ardiawan, Ketut ngurah dan Wiradnyana, (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Prakik, dan Publikasinya). Bandung: Nilacakra

Chusni Muhammad dkk, (2021). Strategi belajar inovatif, Jawa Tengah: Pradina Pustaka

Holis Ansori dkk, (2020). Rekayasa Guru dalam Pembelajaran, Surabaya: CV. Jakad Media Publishing

Khasanah uswatun dan Suparman, (2022). Model Pembelajaran ketrampilan berbiaran anak usia dini menggunakan big book, Jakarta: Kencana

Moust, jos At al., (2021). Introduction to Problem-based Learning, Netherland; Noordhoff by Groningen/ Houten

Nella Agustin, dkk, (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa, Yogyakarta: UAD Press

Purba, pratiwi Bernadetta dkk, (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Medan: Yayasan Kita menulis

Putri Hafiziani dkk. (2020), Kemampuan-kemampuan Matematis dan Pengembangan instrumennya, Jawa barat: UPI Sumedang Press

Riduwan, (2010). Dasar dasar statistik, Bandung: alfabet

Riyanto, (2022). Metodologi Penelitian Matematika, Jawa Tengah: Lakeisha

Rosmala Isrok’atun Amelia, (2021), Model-model pembelajaran matematika, Jakarta: PT Bumi Aksara

Siarah dkk, (2022). Perkembangan peserta didik, Sumatera Barat: YPCM

Silalahi, Taruli Marito dkk, (2020). Peran emosi dalam membangun keterampilan berpikir kreatif anak usia dini, Jawa tengah: Penerbit Lakeisha

Siti Fatimah, (2009). Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan, Bandung: Dar! Mizan

Sutama dkk, (2022). Pembelajaran Matematika Kolaboratif, Jawa Tengah: Muhammadiyah University Press

Wafiq Khairi, “Implementasi Model Problem based learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kudus Pada Materi Segitiga”, UNNES: Semarang, 2013




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40093

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: