Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Medan

Witri Afipah Br. Pane, Karnace A H Sirait, Muliawan Firdaus

Abstract


Siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Medan dipilih untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Tujuan dari penyelidikan ini adalah untuk mengetahui bagaimana model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian khusus ini dikenal dengan nama Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan diberi nama. Investigasi ini dilakukan dengan partisipasi dari total 32 siswa yang terdaftar di kelas VII-C di SMP Negeri 3 Medan. Melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sebelum instruksi lebih lanjut diberikan, siswa diberikan ujian kemampuan awal untuk menentukan tingkat kemahiran yang mereka miliki saat ini di bidang pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil tes bakat awal yang diberikan kepada siswa, sudah menjadi rahasia umum bahwa tingkat kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika masih tergolong rendah. Nilai rata-rata siswa pada tes tersebut adalah 53,13, dan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 37,50%. Informasi ini sudah menjadi rahasia umum. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan siswa dalam menjawab permasalahan matematika mengalami peningkatan. Peningkatan ini menghasilkan skor 77,08, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 71,88%. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika rata-rata meningkat menjadi 88,28 poin selama tes siklus II, dan persentase siswa yang menunjukkan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 93,75%. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika meningkat karena diinstruksikan menggunakan pendekatan pembelajaran Problem-Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Agustini, D., dan Pujiastuti H., (2020), Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV, Media Pendidikan Matematika, 8(1): 18-27.

Aqib, Z., dan Murtadlo, A., (2016), Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Bakoban, F.I., dan Amry Z., (2017), Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divison Dengan Teams Games Tournaments, Jurnal Inspiratif, 3(2): 68-78.

Hudojo, Herman, (2016), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, UM Press, Malang.

Putra, H.D., dkk., (2018), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2): 82-90.

Putri, R.S., dkk, (2019), Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2): 331-340.

Mukhlis, (2021), Pembelajaran di Era New Normal, Muklis Puna, Aceh.

Nugroho, H., dan Sutriyono, (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 45-58.

Ngalimun, (2017), Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran, Parama Ilmu, Yogyakarta.

OECD, (2019), PISA (Programme for International Student Assesment), OECD Publishing.

Rusman, (2016), Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajawali Pers, Jakarta.

Shoimin, (2016), 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Sugiyono, (2017), Metodelogi Penelitian Pendidikan, ALFABETA, Bandung.

Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.

Ulya, Himmatul, (2016), Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving, Jurnal Konseling, 2(1), 90-96.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40096

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: