Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Medan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustini, D., dan Pujiastuti H., (2020), Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV, Media Pendidikan Matematika, 8(1): 18-27.
Aqib, Z., dan Murtadlo, A., (2016), Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.
Bakoban, F.I., dan Amry Z., (2017), Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divison Dengan Teams Games Tournaments, Jurnal Inspiratif, 3(2): 68-78.
Hudojo, Herman, (2016), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, UM Press, Malang.
Putra, H.D., dkk., (2018), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2): 82-90.
Putri, R.S., dkk, (2019), Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2): 331-340.
Mukhlis, (2021), Pembelajaran di Era New Normal, Muklis Puna, Aceh.
Nugroho, H., dan Sutriyono, (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 45-58.
Ngalimun, (2017), Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran, Parama Ilmu, Yogyakarta.
OECD, (2019), PISA (Programme for International Student Assesment), OECD Publishing.
Rusman, (2016), Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajawali Pers, Jakarta.
Shoimin, (2016), 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.
Sugiyono, (2017), Metodelogi Penelitian Pendidikan, ALFABETA, Bandung.
Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.
Ulya, Himmatul, (2016), Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving, Jurnal Konseling, 2(1), 90-96.
DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40096
Article Metrics
Abstract view : 62 timesPDF - 54 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |