Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Sma Negeri 7 Medan

Inokasay Simanjuntak

Abstract


pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini akan menggunakan PTK (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Medan di Jl. Pangaribuan Medan, Kecamatan Medan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara selama tahun pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini, 36 siswa kelas 12 SMA Negeri 7 Medan diwawancarai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes, untuk bagian tes menggunakan  tes  pemahaman matematis dan Tes Berpikir Kreatif Matematis sedangkan non tes yaitu    Pengamatan Terhadap Kegiatan Pembelajaran. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan Berdasarkan hasil observasi dan analisis dari siklus I dan siklus II diperoleh informasi sebagai berikut. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, jumlah siswa yang mampu berpikir lancar adalah 69%, jumlah siswa yang mampu berpikir luwes adalah 67%, dan jumlah siswa yang mampu berpikir orisinal adalah 6%. Setelah diakumulasikan, berdasarkan aturan penilaian jumlah siswa yang mampu berpikir kreatif pada siklus I sebanyak 18 (50%) siswa dari 36 siswa. Karena persentase jumlah siswa yang mampu berpikir kreatif belum mencapai indikator keberhasilan yaitu minimal 75% dari seluruh siswa mendapatkan nilai minimal 2,51 sehingga pembelajaran harus dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II, jumlah siswa yang mampu berpikir lancar adalah 92%, jumlah siswa yang mampu berpikir luwes adalah 86%, dan jumlah siswa yang mampu berpikir orisinal adalah 11%. Setelah diakumulasikan, berdasarkan aturan penilaian jumlah siswa yang mampu berpikir kreatif pada siklus I sebanyak 27 (75%) siswa dari 36 siswa. Walaupun tidak semua indikator dapat mencapai nilai minimal tetapi karena persentase jumlah siswa secara klasikal yang mencapai nilai minimal 2,51 lebih dari 75% dari seluruh siswa, maka penelitian dihentikan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1) : 879-880.

Arends R I. (2012). Learning To Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill..

Arikunto S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arvyati, dkk. (2015). Effectivity Of Peer Tutoring Learning To Increase Mathematical Creative Thinking Ability Of Class Xi Ipa Sman 3 Kendari 2014. International Journal of Education and Research, 3(1): 613-628.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Fathurrohman. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Karsono. 2007. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Pusat Penertiban Universitas Terbuka, Depdiknas.

Permendikbud No. 61. (2014). Pedoman Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta.

Purwanto,N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. (2010), Panduan Pengembangan Pendekatan Belajar Aktif, Buku I Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya dan Karakter Bangsa, , Jakarta.

Saefudin A.A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidāyah, 4(1) : 37-47.

Sarsani, M. R. (1999). Exploring The Promotion of Creative Thinking Among Secondary School Student in India. London: University of London.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Sinaga B, dkk. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3). Laporan Hasil Penelitian Hibah Bersaing Universitas Negeri Medan.

Simone, C D. (2014). Problem-Based Learning in Teacher Education: Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science, 4(12) : 17-29.

Slavin R, dkk. (1985). Learning to Cooperative, Cooperating to Learn. New York: Plenum Press.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suparman. 2008. Pengembangan Metode Pembelajaran Yang Berbasis Kompetensi. Malang.

Suparman, Husen D N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2) : 367-372.

Supriadi, D. (1998). Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Tan, O. (2003). Problem Based Learning and Creativity. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40125

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: