Penerapan PBL dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Materi Statistika di SMA Negeri 8 Medan

Nadya Ayu Putri, Herbin Manurung, Tiur Malasari Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menarik minat siswa kelas XII MIA 5 SMA Negeri 8 Medan dalam pembelajaran matematika melalui PBL. Variabel minat belajar diperiksa perubahannya. Penelitian ini menggunakan pembelajaran berbasis masalah sebagai variabel tindakan. Contoh: penelitian tindakan kelas. Angka dan hasil belajar siswa dikumpulkan. Nilai rata-rata minat belajar siklus I sampai siklus II adalah 82,28. Hal ini meningkat dari 17% pra siklus menjadi 80% siklus II. Model PBL meningkatkan siklus I 60% menjadi siklus II 80%. Pembelajaran berbasis masalah meningkatkan perhatian (PBL) kelas XII MIA 5 SMA Negeri 8 Medan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar:Teori,Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Arends, Richard. (2008). Learning to Teach.Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Arends, Richard. (2012). Learning to Teach. Tenth Edition. New York: McGraw- Hill Education

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Depdiknas, (2010). Model Pembelajaran, Malang : Pusat Kurikulum

Baltibang Depdikna

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Khodijah, Nyayu. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatifdan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakary

Muslich, Mansur. 2007. KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas

Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Konstekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas

Ratumanan. 2002. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sefrina,Andin . 2013. Deteksi Minat,Bakat Anak. Jakarta : Media Pressindo

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif . (Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka)

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model

Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara

sumiati. 2007. Metode Pembelajaran Pendekatan Individual. Bandung: Rancaekek Kencana

Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya

Suryasubrata, Sumardi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada,1995.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Usman. User. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakary

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syah. 2003. Minat Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Trianto. (2014). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresifdan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group

Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40126

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: