Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Pada Materi Aritmetika Sosial

Nurlafifah Rosida, Abdul Fatah, Hepsi Nindiasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil kelayakan dan kepraktisan dari pengembangan e-modul matematika berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content and Knowledge) pada materi aritmetika sosial. Dengan menggunakan metode ADDIE, yang memiliki lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Bentuk penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian pengembangan. Lembar validasi yang diisi oleh enam validator dapat digunakan untuk menilai tingkat kelayakan e-modul yang dikembangkan, sedangkan lembar respon guru dan lembar respon siswa digunakan untuk menilai kelayakan e-modul matematika yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan e-modul matematika berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content and Knowledge) pada materi aritmetika sosial menunjukkan bahwa (1) penilaian e-modul matematika pada sisi kelayakan, kategori “sangat layak” menerima proporsi rata-rata 85,35%; (2) hasil uji kepraktisan pada lembar jawaban siswa dan guru menghasilkan persentase rata-rata sebesar 89,62% dan 86,45% dengan kategori “sangat praktis”. Akibatnya, dapat dikatakan demikian pengembangan e-modul matematika berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content and Knowledge) pada materi aritmetika telah teruji kelayakan dan kepraktisannya sebagai sumber belajar matematika.

Kata Kunci: E-modul, TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge), Aritmetika Sosial


Full Text:

PDF

References


Agustina, N., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran Pada FKIP-Universitas Baturaja. Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 84–93.

Annisa, U. N., & Fahmi, S. (2020). Pengembangan modul Matematika Berbantuan Smartphone Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII. UrbanGreen Proceeding: Konferensi Nasional Pendidikan L, 1, 102–105.

Agustina, N., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran Pada FKIP-Universitas Baturaja. Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 84–93.

Annisa, U. N., & Fahmi, S. (2020). Pengembangan modul Matematika Berbantuan Smartphone Pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa SMP Kelas VII. UrbanGreen Proceeding: Konferensi Nasional Pendidikan L, 1, 102–105.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Bayani, A. (2019). Pengembangan E-Book Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Kubus dan Balok SMP/MTs Kelas VII. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 7–15.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Dirjen PMPTK.

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 562–576.

Gunawan, D., Sutrisno, & Muslim. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 249–261.

Hamid, H. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. CV Pustaka Setia.

Koehler, Matthew J & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK). Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(2), 60–70.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19.

Mahadiraja, D., & Syamsuarnis. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 6(1), 77–82.

Mendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(1), 8–18.

Nurjuwita, S., Darmawan, H., & Boisandi. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gophys Berbasis Tpck Pada Materi Hukum Kepler Kelas Xi Sma Kemala Bhayangkari 1 Sungai Raya. Seminar Nasional Pendidikan MIPA Dan Teknologi (SNPMT II), 143–150.

PERMENDIKBUD. (2016). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 22. Tahun 2016. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik (1st ed.). DIVA Press.

Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Jurnal Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KAMARPATI), 5(1), 40–49.

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, XVII(2), 59–66.

Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip PDF Professional. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 4(1), 48–56.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Literasi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 417–422.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunismi, & Fathani, A. H. (2015). Pengembangan E-Module Kalkulus I Sebagai Panduan Mahasiswa Untuk Mengoptimalkan Individual Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 1(2), 192–204.

Supianti, I. I. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 63–70.

Suryawati, E., L.N, F., & Hernandez, Y. (2014). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) Guru Biologi Sma Negeri Kota Pekanbaru. Jurnal Biogenesis, 11(1), 67–72.

Syam, A. A. A., Danial, M., & Sudding. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Science Flashbook Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Pada Materi Pokok Partikel. Chemistry Education Review (CER), 2(2), 1–15.

Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40729

Article Metrics

Abstract view : 404 times
PDF - 269 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: