Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA

Lia Andelinawati, Abdul Fatah, Etika Khaerunnisa

Abstract


Ketidakmampuan masalah matematika di kalangan siswa di sekolah yang mendorong dilkakukannya penelitian ini. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Problem Based Learning diyakini mampu berpengaruh pada kapasitas siswa untuk memecahkan suattu masalah matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning (PBL) berdampak kepada kecenderungan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah matematika. Penelitian ini dilakukan di SMK Nurul Huda Baros pada tahun ajaran 2022/2023 dengan populasi seluruh kelompok sepuluh sebanyak 275 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelompok sepuluh Akuntansi satu sebagai kelompok eksperimen serta kelompok sepuluh Akuntansi dua sebagai kelompok kontrol. Dimanaa kelompok kontrol mengunakan model konvensional serta kelompok eksperimen menggunakan Problem Based Learning. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain the nonequivalent kemampuan awal kemampuan akhir control group design. Instrumen yang dipakai yaitu instrumen tes keterampilan pemecahan masalah maematis. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa model PBL memberikan pengaruh yang lebih baik tentang seberapa baik siswa SMA mampu memecahkan masalah matematika.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ganesha, U. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mahmuzah, F. (2015). Peningkatan Kemampuan berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4, 64–72.

Muhson, A. (2009). Upaya Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), 171–182. https://doi.org/10.21831/jk.v39i2.62

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA : The National Council of Theacher of Mathematics, Inc.

Polya, G. (1973). How to Solve It (New of Mathematical Method) (Second Edi; Prence University Press, ed.). New Jersey.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Pofesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers PT Raja Grafindo.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, E., Hara, H., & Jamludin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Siti Mawaddah, & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sugiman, Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2010). Pemecahan masalah matematik dalam matematika realistik. Pythagoras, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.1080/1071576042000191763

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Bandung: UPI, 128.

Syarif Sumantri, M. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta : Rajawali Press.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Universitas Negeri Yogyakarta. Program Studi Dikdas, M. (2018). Jurnal prima edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166–176. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf

Wahyudi, & Anugraheni. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. 151–158.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40795

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: