Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ganesha, U. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mahmuzah, F. (2015). Peningkatan Kemampuan berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4, 64–72.
Muhson, A. (2009). Upaya Peningkatan Minat Belajar Dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), 171–182. https://doi.org/10.21831/jk.v39i2.62
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA : The National Council of Theacher of Mathematics, Inc.
Polya, G. (1973). How to Solve It (New of Mathematical Method) (Second Edi; Prence University Press, ed.). New Jersey.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Pofesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers PT Raja Grafindo.
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, E., Hara, H., & Jamludin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Siti Mawaddah, & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiman, Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2010). Pemecahan masalah matematik dalam matematika realistik. Pythagoras, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.1080/1071576042000191763
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Bandung: UPI, 128.
Syarif Sumantri, M. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta : Rajawali Press.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Universitas Negeri Yogyakarta. Program Studi Dikdas, M. (2018). Jurnal prima edukasia. Jurnal Prima Edukasia, 6(2), 166–176. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/14288/pdf
Wahyudi, & Anugraheni. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. 151–158.
DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40795
Article Metrics
Abstract view : 296 timesPDF - 231 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |