Keterkaitan antara Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Budaya

Haris Hidayat Ismail, Izwita Dewi, Elmanani Simamora

Abstract


Filsafat merupakan suatu hal penting yang diperhatikan di dalam pendidikan. Filsafat berperan dalam membentuk kepribadian siswa, dan membantu menyelesaikan permasalahan pendidikan. Namun, sampai saat ini, implementasi filsafat di dalam pendidikan terutama di dalam pembelajaran matematika masih jauh dari harapan. Hal ini ditunjukkan dari studi sebelumnya bahwa masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menerapkan filsafat di dalam pembelajaran matematika. Penyebabnya adalah guru mengalami kesulitan dalam menemukan strategi yang tepat dalam menyampaikan materi matematika yang abstrak ke dalam konteks dunia nyata sehingga mudah untuk dimengerti oleh siswa. Fenomena ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika dan implemantasinya dalam konteks dunia nyata. Etnomatematika merupakan suatu strategi pembelajaran yang menghubungkan matematika dengan budaya lokal yang diharapkan mampu menyelesaikan kesenjangan tersebut. Tujuan dari studi ini adalah melihat keterkaitan filsafat matematika dengan etnomatematika dengan kajian pustaka. Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan prosedur dari Creswell dan dianalisis secara deskriptif. Hasil kajian dalam studi ini diperoleh bahwa berhasil tidaknya pembelajaran matematika berkaitan erat dengan penerapan filsafat pada alur input, proses, dan output dalam pelaksanaan pembelajaran. Etnomatematika dan filsafat matematika mempunyai keterkaitan satu sama lain. Etnomatematika berperan sebagai alat dalam menyampaikan konsep matematika yang abstrak sehingga dapat dipahami oleh siswa. Sementara filsafat berperan sebagai perencanaan, strategi, penilaian, dan evaluasi dalam menyampaikan konsep matematika yang abstrak sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh siswa di akhir pembelajaran. Penerapan etnomatematika tidak dibatasi model pembelajaran yang digunakan namun perlu diperhatikan penerapan filsafat matematika dalam pembelajaran karena berkaitan erat dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dalam dunia nyata.

Full Text:

PDF

References


Asmara, P. M. (2022). Penerapan filsafat konstruktivisme dalam pembelajaran. Duniailmu.org, 2 (3), 1-8.

Bintoro, H. S., Rochmad, & Isnarto. (2021). Model problem based learning dalam perspektif ontologi dan epistemologi filsafat pendidikan matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, (pp. 223-227).

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For Learn Math 5(1):44–38.

Ernest, P. (1991). The philosophy of mathematics education. Taylor & Francis.

Fedi, S., Kurnila, V. S., Susanti, V. D., Hutneira, R., Rochmad, & Isnarto. (2021). Pembelajaran matematika berbasis filsafat humanis. Jurnal Pendidikan Tambusa, 5(3), 10090-10104.

Gayatri, N. G. (2022). Pentingnya filsafat dalam matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. Journal of Arts and Education, 2(1), 20-15.

Gita, N., & Bella, C. (2022). Filsafat matematika sebagai pembentukan karakteristik pada media pembelajaran. Duniailmu.org, 2(3), 1-8.

Handoko, H., Rochmad, & Isnarto. (2022). Nilai-nilai matematika dalam perspektif filsafat humanisme sebagai pembentuk kepribadian. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5.

Kemendikbud RI. (2018). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Pusat Penelitian Pendidikan Badan Peneltian dan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model pembelajaran RADEC dalam perspektif filsafat konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda, 3(2), 103-111.

Lidinillah, D. A. M., Rahman, R., Wahyudin, W., & Aryanto, S. (2022). Integrating sundanese ethnomathematics into mathematics curriculum and teaching: A systematic review from 2013 to 2020. Infinity, 11(1), 33-54.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: Country Note Indonesia. OECD Publishing. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Priyani, N. E. (2021). Pengembangan modul etnomatematika berbasis budaya dayak dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Joyfull Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 109-124.

Rani, M. S. (2022). Pentingnya filsafat dalam matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. Duniailmu.org, 2(3), 1-8.

Rizkitania, A., & Arisetyawan, A. (2021). Penerapan model ADDIE pada perancangan permainan ular tangga digital berbasis budaya materi bangun datar. Didaktika, 1(3), 499-509.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: kedudukan, peran, dan perspektif permasalahan dalam pembelajaran matematika. Inovasi Pembangunan-Jurnal Kelitbangan, 10(1), 15-28.

Sari, N., Armanto, D., & Anim. (2021). Model pembelajaran matematika dalam perspektif filsafat pendidikan (sebuah kajian aksiologi). Journal of Science and Social Research, 4(3), 291 – 298.

Sesady, M. (2019). Pengantar Filsafat. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic literature review: etnomatematika kearifan lokal budaya Sasak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397-413.

Wahab, A. A. (2022). Melalui penguatan kajian dan literasi etnomatematika anak Bugis lebih pandai bermatematika. Elsevier, 1(1),17-20.

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18-22.

Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). Systematics literature review: eksporasi etnomatematika pada aktivitas masyarakat. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1),173-185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110

Wahyudin. (2014). Sejarah dan filsafat matematika Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40922

Article Metrics

Abstract view : 442 times
PDF - 572 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: