Keterkaitan antara Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Budaya
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Asmara, P. M. (2022). Penerapan filsafat konstruktivisme dalam pembelajaran. Duniailmu.org, 2 (3), 1-8.
Bintoro, H. S., Rochmad, & Isnarto. (2021). Model problem based learning dalam perspektif ontologi dan epistemologi filsafat pendidikan matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, (pp. 223-227).
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For Learn Math 5(1):44–38.
Ernest, P. (1991). The philosophy of mathematics education. Taylor & Francis.
Fedi, S., Kurnila, V. S., Susanti, V. D., Hutneira, R., Rochmad, & Isnarto. (2021). Pembelajaran matematika berbasis filsafat humanis. Jurnal Pendidikan Tambusa, 5(3), 10090-10104.
Gayatri, N. G. (2022). Pentingnya filsafat dalam matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. Journal of Arts and Education, 2(1), 20-15.
Gita, N., & Bella, C. (2022). Filsafat matematika sebagai pembentukan karakteristik pada media pembelajaran. Duniailmu.org, 2(3), 1-8.
Handoko, H., Rochmad, & Isnarto. (2022). Nilai-nilai matematika dalam perspektif filsafat humanisme sebagai pembentuk kepribadian. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 5.
Kemendikbud RI. (2018). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Pusat Penelitian Pendidikan Badan Peneltian dan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Kusumaningpuri, A. R., & Fauziati, E. (2021). Model pembelajaran RADEC dalam perspektif filsafat konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda, 3(2), 103-111.
Lidinillah, D. A. M., Rahman, R., Wahyudin, W., & Aryanto, S. (2022). Integrating sundanese ethnomathematics into mathematics curriculum and teaching: A systematic review from 2013 to 2020. Infinity, 11(1), 33-54.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: Country Note Indonesia. OECD Publishing. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Priyani, N. E. (2021). Pengembangan modul etnomatematika berbasis budaya dayak dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Joyfull Learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 109-124.
Rani, M. S. (2022). Pentingnya filsafat dalam matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. Duniailmu.org, 2(3), 1-8.
Rizkitania, A., & Arisetyawan, A. (2021). Penerapan model ADDIE pada perancangan permainan ular tangga digital berbasis budaya materi bangun datar. Didaktika, 1(3), 499-509.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: kedudukan, peran, dan perspektif permasalahan dalam pembelajaran matematika. Inovasi Pembangunan-Jurnal Kelitbangan, 10(1), 15-28.
Sari, N., Armanto, D., & Anim. (2021). Model pembelajaran matematika dalam perspektif filsafat pendidikan (sebuah kajian aksiologi). Journal of Science and Social Research, 4(3), 291 – 298.
Sesady, M. (2019). Pengantar Filsafat. Yogyakarta: TrustMedia Publishing.
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic literature review: etnomatematika kearifan lokal budaya Sasak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397-413.
Wahab, A. A. (2022). Melalui penguatan kajian dan literasi etnomatematika anak Bugis lebih pandai bermatematika. Elsevier, 1(1),17-20.
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18-22.
Wahyudi, W., & Putra, A. (2022). Systematics literature review: eksporasi etnomatematika pada aktivitas masyarakat. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1),173-185. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.110
Wahyudin. (2014). Sejarah dan filsafat matematika Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40922
Article Metrics
Abstract view : 558 timesPDF - 967 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |