Identifikasi Kecemasan Matematis Siswa Selama Learn From Home di MTsN 1 Pandeglang

Farouq Maulana, Sukirwan Sukirwan, Abdul Fatah

Abstract


Munculnya pandemi COVID-19 mengakibatkan pembelajaran tatap muka di sekolah tidak dapat dilakukan. Upaya yang dilakukan agar pembelajaran dapat tetap berjalan adalah dengan menrapkan pembelajaran jarak jauh dari rumah atau learn from home (LFH). Namun perubahan metode pembelajaran mengakibatkan adanya permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi, dan masalah tersebut menimbulkan adanya kecemasan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi kecemasan matematis siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Subjek yang dipilih adalah siswa kelas IX I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara serta observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kecemasan matematis pada saat pembelajaran matematika secara daring yang ditandai dengan rendahnya antusias siswa pada saat pembelajaran matematika secara daring. Fenomena tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor kognitif, persepsi siswa serta keadaan lingkungan belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Alaina, H.-A. (2010). Effective teaching strategies for alleviating math anxiety and increasing self-efficacy in secondary students. In The Evergreen State College. https://repositorio.flacsoandes.edu.ec/bitstream/10469/2461/4/TFLACSO-2010ZVNBA.pdf

Ashcraft, M. H. (2002). Math anxiety: Personal, educational, and cognitive consequences. Current Directions in Psychological Science, 11(5), 181–185. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00196

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Blazer, C. (2011). Strategies for reducing math anxiety. Information Capsule, 1102(September), 1–8.

Christiawan, P. (2021). The drawbacks of learn from home: A student perspective. https://doi.org/10.4108/eai.10-11-2020.2303360

Dakhi, A. S. (2020). The Learn From Home and Alienation. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2), 133–137. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.33

Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521

Freedman, E. (2006). Do You Have Math Anxiety ? A Self Test. 1, 1–11.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 02(01), 74–84.

Khanan Auladi. (2020). Kendala Guru Dalam Pembelajaran Tematik Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah (Minu) Kotagede Yogyakarta. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 163–188. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.141

Alaina, H.-A. (2010). Effective teaching strategies for alleviating math anxiety and increasing self-efficacy in secondary students. In The Evergreen State College. https://repositorio.flacsoandes.edu.ec/bitstream/10469/2461/4/TFLACSO-2010ZVNBA.pdf

Ashcraft, M. H. (2002). Math anxiety: Personal, educational, and cognitive consequences. Current Directions in Psychological Science, 11(5), 181–185. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00196

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Blazer, C. (2011). Strategies for reducing math anxiety. Information Capsule, 1102(September), 1–8.

Christiawan, P. (2021). The drawbacks of learn from home: A student perspective. https://doi.org/10.4108/eai.10-11-2020.2303360

Dakhi, A. S. (2020). The Learn From Home and Alienation. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2), 133–137. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.33

Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521

Freedman, E. (2006). Do You Have Math Anxiety ? A Self Test. 1, 1–11.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap keaktifan siswa dalam mewujudkan prestasi belajar siswa. Khazanah Akademia, 02(01), 74–84.

Khanan Auladi. (2020). Kendala Guru Dalam Pembelajaran Tematik Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah (Minu) Kotagede Yogyakarta. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 163–188. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.141

La Ode Onde, M. K., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4400–4406. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Mahmood, S., & Khatoon, T. (2011). Development and Validation of the Mathematics Anxiety Scale for Secondary and Senior Secondary School Students. British Journal of Arts and Social Sciences, 2(2), 169–179.

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expanded Sourcebook : Qualitative Data Analysis (2nd ed.). SAGE Publications.

Nihayah, E. F. K. (2021). The Management Analysis Of Pre-Requirements Of Algebra in Completing The Problem Two Variables Linear Equations System. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 26–39.

Ramadhani, W. N., & Ulfah, S. (2021). Analisis Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Keikutsertaan Les Privat pada Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2471–2483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.876

Ramirez, G., Shaw, S. T., & Maloney, E. A. (2018). Math Anxiety: Past Research, Promising Interventions, and a New Interpretation Framework. Educational Psychologist, 53(3), 145–164. https://doi.org/10.1080/00461520.2018.1447384

Rawa, N. R., & Yasa, P. A. E. M. (2019). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 2(2), 36. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16180

Santri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives , 1(1), 59–65.

Simamora, N., Lubis, I. S., & Situmorang, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: BASASASINDO (Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177

Suharyadi. (2003). Hasil Belajar Matematika: Studi Korelasi Antara Konsep Diri, Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas V. Tesis UNJ.

Syaiful Anam, Nurlatifah Fitriyani, & Mega Fita Yunisah H. (2020). Lupa, Jenuh, Dan Kesulitan Dalam Belajar. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 38–49. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i1.25

Utami, Y. P., & Maskar, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Model Asynchronous Pada Siswa Smkn 9 Bandar Lampung Melalui Google Classroom. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 12–21.

Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran l;matematika. Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, November, 978–979.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.41117

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: