Analisis Data Longitudinal dalam Mendeteksi Faktor Substansial yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa MA Al Hikmah 2 Benda Brebes

Amam Taufiq Hidayat, Zainul Mujtahid, Nur Elisyah, Haves Qausar, Widya Widya

Abstract


Data longitudinal adalah data yang didapatkan dari proses pengamatan secara berulang dan dilakukan terhadap sejumlah objek. Pengukuran dikumpulkan berulang kali dari waktu ke waktu pada setiap subjek dalam penelitian. Pengamatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah di lingkup proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik dan tepat dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Akan tetapi, berbagai hambatan yang ada pada proses belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Pada penelitian ini akan dilihat beberapa faktor yang berkaitan dengan prestasi belajar matematika peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Hikmah 2 bendara Brebes. Di sekolah tersebut mewajibkan untuk peserta didik yang berada dari luar wilayah untuk tingga di asrama. Metode penelitian yang digunakan adalah analitis observasional dengan menghubungkan gender, tinggalnya peserta didik di asrama, waktu pengamatan, interaksi antara gender dan tinggal tidaknya peserta didik di asrama terhadap nilai belajar peserta didik. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA 4 dan XII MIA 5 MA Al Hikmah 2 Benda Brebes. Pada penelitian ini data yang diperoleh melibatkan 59 siswa dengan rincian 32 peserta didik putri dari kelas XII MIA 4 dan 27 peserta didik putra dari kelas XII MIA 5. Berdasarkan informasi yang diperoleh diketahui bahwa peserta didik putri kelas XII MIA 4 yang tidak tinggal di asrama sebanyak Sembilan orang dan peserta didik putra kelas XII MIA 5 yang tidak tinggal di asrama sebanyak lima orang. Hasil dari penelitian ini nilai matematika untuk kasus ini hanya dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu gender, waktu pengamatan dan interaksi antara gender dengan tinggal tidaknya di asrama

Full Text:

PDF

References


Ali, H. M. 1993. Stategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Athar, F., Pratama, D., Mujtahid, Z. 2019. Developing mathematical reasoning to reduce the wide-spread of hoax distributions. Journal of Physics: Conference Series. 1157, 032128.

Danardono. 2014. Analisis Data Longitudinal. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Djamarah, Saiful, B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Islamiyati, A., Sahriman, S. and Oktoni, S., 2022. Studi Longitudinal Pada Analisis Data Gula Darah Pasien Diabetes melalui Principal Component Analysis. Jambura Journal of Mathematics, 4(1), pp.41-49.

Pratama, D., Athar, F. and Zainul, M., 2019, February. How well Indonesian schoolchildren proficiency in mathematics based on the result of national examination 2017. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032126). IOP Publishing.

Press, U. G. M. Analisis Data Longitudinal. UGM PRESS, 2018.

Putri, R.F., Padmadisastra, S. and Winarni, S., 2017. Analisis Data Longitudinal Dalam Desain Faktorial Menggunakan Linear Mixed Model. In Seminar Statistika FMIPA UNPAD 2017 (SNS VI) (pp. 462-466).

Rahman, Abd. BP., Sabhayati, A. M., Andi, F., Yuyun, K., Yumriani. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Vol. 2. No. 1. (pp. 1-8).

Safithri, R., Syaiful, S. and Huda, N., 2021. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp.335-346.

Sumarmo, U. 2013. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Bandung: UPI, 128.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.41338

Article Metrics

Abstract view : 392 times
PDF - 307 times

Refbacks




Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: