Development of Learning Tools Based on the Think Pair Share Learning Model to Improve Metacognition Abilities of Junior High School 4 Panyabungan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. dan Ahmadi I. K. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Penagruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta : Prestasi Pustaka
Arends, R. 1997. Classroom Instructional Management. New York: the McGrwa-Hill Company
Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asmin., dan AbiIL, M. 2014. Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar dengan Analisis Klasik dan Modren. Medan: LARISPA
Bates. A.W. 2006. Technology, Open Learning and Distance Education. London: Rutledge
Budiningsih, C. A. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Chairani, Z. 2016. Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT Remaja Rosda Karya
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.
Depdiknas, 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
Hake, R.R. 1999. Analizing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. Of Physics, India University. Tersedia [Online]: (http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf)
Herman, T. 2000. Strategi Pemecahan Masalah (Proble,-solving) dalam Pembelajaran Matematika. Makalh Disajikan dalam Kegiatan Asistensi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Teknologi Bandung Jawa Barat, 28 September s.d. 3 Oktober 2000
Nieveen, N. 2007. An Introduction to Education Design reseach. China: The east China Normal University
Permendikbud. 2014. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group
Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasrkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabya: PPs. Unesa
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakartta: Rineka Cipta
Slavin, R. E. 2006. Educational Pshycologi, Theories and Practice. Eighth edition. Masschusetts : Allyn and Bacon Publishers
Solso, R. L. 2007. Psikologi Kognitif. Jakarta : Penerbit Erlangga. Edisi ke- Delapan
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Yamin, M. (2013). Pendekatan & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group)
Yanty Putri Nasution, E., Emjasmin, A., Rusliah, N., Agama Islam Negeri Kerinci, I., Kapten Muradi Sungai Penuh, jalan, & Penuh, S. (2021). Analisis Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Integral. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika ALQALASADI, 5(2), 141–150.
Zuhdan, K., & Tim. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: UNY
DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v17i1.52552
Article Metrics
Abstract view : 35 timesPDF - 28 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |