PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA BERBANTUAN GEOBOARD

Elfira Rahmadani, Kms. M. Amin Fauzi, Ida Karnasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa berbantuan geoboard, 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan perangkat pembelajaran dengan model discovery learning, 3) peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran dengan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, dan instrumen-instrumen. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang meliputi proses tahapan define, desaign, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan sebelum diuji cobakan dengan nilai 4,10 pada kategori valid dengan rentang nilai 4 ≤ Va < 5. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 untuk uji coba I dan setelah perangkat dianalisis dan direvisi kemudian dilakukan uji coba II di kelas VII-3 SMP Negeri 1 Kisaran. Dari hasil uji coba I dan II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria keefektivan berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep memenuhi ketuntasan klasikal pada uji coba I sebesar 86,11% dan pada uji coba II sebesar 94,44%, pencapaian persentase waktu ideal berada dalam toleransi waktu 5%, dan hasil angket respon siswa menunjukkan respon yang sangat positif dengan persentase di atas 80%, 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal, serta 3) peningkatan kemampuan  disposisi matematis siswa dari uji coba I ke uji coba II.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i2.8692

Article Metrics

Abstract view : 535 times
PDF - 357 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: