PERBEDAAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA BERBENTUK VERBAL ANTARA YANG MENGGUNAKAN LKS DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN LKS

Nuraini Sribina, Ika Sartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyelesaikan soal aritmatika berbentuk verbal antara yang menggunakan LKS dengan yang tidak, mengetahui ketuntasan belajar siswa yang menggunakan LKS dalam pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan LKS. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 067774 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menyelesaikan soal aritmatika verbal dan angket respon siswa dengan teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic inferential (Uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan menyelesaikan soal aritmatika berbentuk verbal yang diajar dengan menggunakan LKS lebih baik dari siswa yang diajar tanpa menggunakan LKS.Ini bisa dilihat dari skor rata-rata postes siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan LKS sebesar 76 lebih tinggi dari rata-rata postes siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan LKS 55,2, (2) Ketuntasan belajar secara klasikal yang ditekankan pada kemampuan menyelesaikan soal aritmatika berbentuk verbal melalui pembelajaran dengan menggunakan LKS tercapai ini dapat terlihat dari ada 84% siswa yang telah memiliki skor  65% dan (3) Dari hasil angket menunjukkan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS adalah positif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i2.8693

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: