PERBEDAAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL ARITMATIKA BERBENTUK VERBAL ANTARA YANG MENGGUNAKAN LKS DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN LKS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyelesaikan soal aritmatika berbentuk verbal antara yang menggunakan LKS dengan yang tidak, mengetahui ketuntasan belajar siswa yang menggunakan LKS dalam pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan LKS. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 067774 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menyelesaikan soal aritmatika verbal dan angket respon siswa dengan teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan statistic inferential (Uji-t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan menyelesaikan soal aritmatika berbentuk verbal yang diajar dengan menggunakan LKS lebih baik dari siswa yang diajar tanpa menggunakan LKS.Ini bisa dilihat dari skor rata-rata postes siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan LKS sebesar 76 lebih tinggi dari rata-rata postes siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan LKS 55,2, (2) Ketuntasan belajar secara klasikal yang ditekankan pada kemampuan menyelesaikan soal aritmatika berbentuk verbal melalui pembelajaran dengan menggunakan LKS tercapai ini dapat terlihat dari ada 84% siswa yang telah memiliki skor 65% dan (3) Dari hasil angket menunjukkan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS adalah positif.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i2.8693
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF - 126 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |