PENGEMBANGAN INSTRUMEN PORTOFOLIO KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS XI IPA SMA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DI KABUPATEN GAYO LUES

Abdul Razak Hasbi, Dian Armanto, Asmin Asmin

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa pada pokok bahasan peluang dengan menggunakan model Dick dan Carey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu memenuhi persyaratan validitas; (2) penerapan instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu efektif yang ditandai dengan tercapainya tujuan penerapan instrumen portofolio, kemampuan guru mengelola pembelajaran yang baik dan respon positif siswa; (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA di Kabupaten Gayo Lues yang dinilai dengan menggunakan instrumen portofolio yang dikembangkan dibandingkan dengan penilaian konvensional dengan perbedaan skor rata-rata 3,221 dengan t hitung 4,244 dan signifikansi 0,000; dan (4) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa kelas XI IPA SMA di Kabupaten Gayo Lues yang dinilai dengan menggunakan instrumen portofolio yang dikembangkan dibandingkan dengan penilaian konvensional dengan perbedaan skor rata-rata 2,203 dengan t hitung 2,637 dan signifikansi 0,012

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i2.8694

Article Metrics

Abstract view : 126 times
PDF - 244 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: